ads here

HOAKS Teratasi Melalui PPID DIY

advertise here

            “Terimakasih Pemda DIY telah peduli untuk mengatasi hoaks dengan menyajikan informasi akurat anti hoaks melalui PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi), Ayo download aplikasi ‘Jogja Istimewa’ rasakan manfaatnya”
ss. di halaman ppid.jogjaprov.go.id

            Kemajuan teknologi yang semakin pesat memiliki dampak yang beragam yang bisa bersifat positif ataupun negatif. Teknologi maju sangat mempengaruhi cepatnya penyebaran informasi di media sosial dan sangat berdampak di masyarakat. Demikian menyebabkan banyak informasi yang tersebar viral oleh beragam orang dengan beragam karakter pun berperan aktif didalamnya. Sehingga beberapa informasi yang viral tersebut terkadang merupakan hoax semata.
            Apa itu hoaks ? menurut wikipedia “HOAKS” adalah informasi tidak benar yang sengaja dibuat seolah-olah benar adanya (berita bohong). Hoaks seringkali tersebar lebih cepat di masyarakat karena masing-masing orang saat ini memiliki teknologi canggih bernama smartphone. Mudah sekali perseorangan di zaman teknologi canggih ini menyebari beritaberita dari segala sumber dengan adanya akses internet yang tanpa batas ini.
ss. di halaman ppid.jogjaprov.go.id

            Bentuk kepedulian Pemda DIY untuk mengatasi hoaks dengan menyajikan informasi yang benar-benar akurat anti hoaks yaitu melalui PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi). Bagaimana opini masyarakat terhadap pelayanan informasi Pemda DIY melalui PPID ?  Pagi ini saya bertanya langsung tentang PPID  terhadap keponakan saya yang masih berusia 18 tahun ( remaja milenial). Menurutnya PPID cukup membantu terutama untuk mengkonfirmasi berita-berita yang tersebar di sekitar Daerah Istimewa Yogyakarta dan masyarakat jadi lebih mudah mengkasesnya di aplikasi ‘Jogja Istimewa’.
ss di whatsapp saya

            Seperti kasus yang terjadi pada 17 Austus 2019 kemarin, saya mendapatkan broadcast dari Whatsapp dari keponakan yang berisi tentang adanya undangan utuk datang dalam rangka menyemarakkan Hiburan Rakyat dan kuliner gratis hari sabtu tanggal 17 Agustus 2019 pukul 17.00 WIB -21.00 WIB, bertempat di Pasar Beringharjo Yogyakrta dalam rangka Puncak eringatan HUT ke 74 Kemerdekaa RI tahun 2019. Kemudian saya bilang ke keponakan untuk jangan dulu nyebarin berita tersebut, saya mengajaknya untuk cek kebenaran infomasi tersebut di instagram kominfo DIY. Ternyata setelah kami cek bersama, hasilnya adalah berita tersebut adalah hoaks.
            Jadi PPID memanglah sangat membantu dalam mengkonfirmasi berita-berita yang beredar ditengah-tengah netizen yang aktif di kalangan media sosial. Melusruskan berita yang ada sehingga pelayanan masyarakat terkait penyebaran berita hoaks dapat diatasi juga teratasi dengan lebih efektif. Terimakasih Pemda DIY telah peduli untuk mengatasi hoaks dengan menyajikan informasi akurat anti hoaks melalui PPID, Ayo download aplikasi ‘Jogja Istimewa’ rasakan manfaatnya.

Tulisan ini diikutsertakan dalam kompetisi Pagelaran TIK yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika DIY 2019

Salam Istimewa 
#pagelaranTIK2019
#kominfoDIY

1 komentar:

avatar

saya juga kalau menerima broadcast berita ga serta merta menyebarkan mbak, harus cek dulu kebenarannya, saya berharap di kota saya ada seperti PPID ini untuk mencegah penyebaran hoax

Click to comment