ads here

UKM Naik Kelas dengan Standardisasi dan Sertikikasi

advertise here
Salam Kreatif ^~^ senang sekali rasanya melihatmu bersemangat membaca tulisan-tulisanku yang terkait dengan dunia kreatifitas. Pastinya kamu juga nantinya suka juga menjadi orang yang produktif yaa ...Amiin YRA. Ngobrolin lagi dengan tema Kreatifitas, aku akan bercerita tentang pentingnya standarisasi dan sertifikasi. Tentu ini terkait dengan UKM (Usaha Kecil Menengah), Apakah kamu juga pelaku UKM ? simak baik-baik yaa ceritaku ini ^~^.

Nuansa pemaparan materi dari NaraSumber
Para pelaku UKM saat ini lebih cenderung diminati oleh para bapak/Ibu yang sudah berkeluarga sedangkan jika sebutan untuk anak masa kini (milenial) lebih menyukai disebut dengan STARTUP. Banyak sekali produk UKM / STARTUP saat ini yang belum disertifikasi merek ataupun label standar produknya. Alhamdulillah, hari rabu 24 Juli 2019 kemarin berkesempatan mengikuti forum diskusi dengan tema,”Meningkatkan Standardisasi dan Sertifikasi Menuju KUKM Naik Kela” bertempat di Aula SKH Kedaulatan Rakyat Yogyakarta.

Foto bersama teman Blogger
Focus Group Discussion dimulai dengan sangat hikmat dan di Narasumberi oleh :
Ibu Victoria Simanungkalit, Deputi Produksi dan Pemasaran
Emirita LN Pratiwi, Ketua BPDASEPHY DIY
Yanti Sukamta, Direktur Apikri Craft
Ketiga narasumber memberikan materi terlihat sangat semangat juga peserta diskusi sangat antusias menyimak serta bertanya yang terkai dengan sertifikasi untuk UKM.
Standardisasi adalah rangkaian upaya untuk menjaga kualitas produk dan efisiensi usaha sehingga mampu meningkatkan produktivitas sedangkan sertifikasi adalah rangkaian kegiatan Penilaian Kesesuaian yang berkaitan dengan pemberian jaminan tertulis bahwa Barang, Jasa, Sistem, Proses atau Personal telah memenuhi Standar dan/atau regulasi.
Apa manfaat sertifikasi bagi UKM? Ini nih, semoga kamu terbesit untuk mendaftarkan merek dan produkmu :
Usaha Aman
Menjamin posisi usaha UKM menjadi lebih aman agar terhindar dari pelangggaran Kekayaan Intelektual agar tidak dicuri
 Investasi dan Aset
Menjamin dalam pengembalian modal atau investasi serta sebagai asset UKM
Pengembangan Usaha
Kemudahan dalam  pengembangan usaha antara lain melalui waralaba dan lisensi
Mutu Produk
Sistem Kekayaan Intelektual melindungi konsumen terhindar dari produk-produk palsu yang kualitasnya cenderung rendah
Kementrian Koperasi dan UKM sedang ada program fasilitas untuk UKM nih, Bentuk fasilitasnya apa aja sih ?
CIPTAAN
Setiap hasil karya cipta di bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra yang dihasilkan atas inspirasi, kemampuan, pikiran, imajinasi, kecekatan, keterampilan, alau keahlian yang diekspresikan dalam bentuk nyata.
DESAIN INDUSTRI
Desain Industri adalah suatu kreasi tentang bentuk, konfigurasi, atau komposisi garisatau warna, atau garis dan warna, atau gabungan daripadanya yang berbentuk tigadimensi atau dua dimensi yang memberikan kesan estetis dan dapat diwujudkan dalampola tiga dimensi atau dua dimensi serta dapat dipakai untuk menghasilkan suatuproduk, barang, komoditas industri, atau kerajinan tangan
INDIKASI GEOGRAFIS
Indikasi Geografis adalah suatu tanda yang menunjukkan daerah asal suatu barang dan/atau produk yang karena faktor lingkungan geografis termasuk faktor alam, faktor manusia atau kombinasi dari kedua faktor tersebut memberikan reputasi, kualitas, dan karakteristik tertentu pada barang dan/atau produk yang dihasilkan.
MEREK
Tanda yang dapat ditampilkan secara grafis berupa gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, dalam bentuk 2 dimensi dan/atau 3 dimensi, suara, hologram, atau kombinasi dari 2 atau lebih unsur tersebut untuk membedakan barang dan/atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa.
ISO/HACCP/SNI//P-IRT/MD
Sertifikat ini digunakan untuk memberikan jaminan mutu dan keamanan produk yang dihasilkan.
SERTIKASI HALAL
Pemenuhan hak konsumen muslim sekaligus pelaksanaan amanat UU No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Jaminan Produk Halal adalah kepastian hukum terhadap kehalalan suatu produk yang dibuktikan dengan Sertifikat Halal, sedangkan Label Halal adalah tanda kehalalan suatu produk.
Demikian beberapa informasi yang aku dapatkan di forum diskusi, semoga bermanfaat ya. Jika masih belum detail, kamu bisa akses langsung web nya KEMENKOP ya. Semangat ber_UKM dengansemangat ^~^

Click to comment