ads here

Netizen Gathering with MPR RI

advertise here

            Ini baru Indonesia...kedengerannya asyiik saat kalimat itu dilontarkan ditengah-tengah aktifitas pemuda yang sedang mengkampanyekan salah satu pilihan Presiden pilihannya. Namun kali ini aku tak ingin membahas tentang Pil Pres melainkan 4 pilar yang harus kita pahami dan kita terapkan bersama-sama. Berullang-ulang 4 pilar disosialisasikan di kalangan remaja, mahasiswa ataupun organisasi kemasyarakatan dengan tujuan setiap warga negara Indonesia daat turut andil dalam mencapai cita-cita bangsa dan negara, Cinta Tanah air yaa...Bukan cinta sama Kim Hyun Joon, apakah kamu juga salah satu penggemar drama korea ? Nah lhoo jadi meleset begini, yuk mari kita luruskan shoff nya ~_~
            Setiap rumah pasti ada pondasinya, apanih maksudnya ?  Pondasi disini ibarat tiang penyangga yang kokoh dalam sebuah negara dengan tujuan bangsa dan negara selalu aman, tentram, sejahtera dan terhindar dari beragam bahaya. Negara kita ini mempunyai sistem keyakinan yang iisinya berupa konsep, prinsip, serta nilai yang dianut seluruh warga negara Indonesia tanpa terkecuali....kecuali mereka yang sudah pindah negara ..upsss...semoga kamu salahsatu WNI yang setia ya, tanpa punya tujuan untuk berpindah status kewarganegaraan...Amiin.
            Pilah kebangsaan yang ada di negeru tercinta kita ini kokoh dan kuat dalam menangkal berbagai bentuk ancaman dan gangguan, baik daari dalam maupun dari luar. Terwujudnya ketertiban, keamanan, kenyamanan, keadilan dan kesejahteaan bagi seluruh warga negara Indonesia. Nah, jadi apasaja empat pilar kebagnsaan kita ini ?
1.      Pilar Pancasila
Mengakomodir keanekaragaman, banyaknya suku dan ras di Indonesia tersatukan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Seperti pada sla pertama, Ketuhanan yang Maha Esa, sila ini dapat diterima dan diakui oleh semua agama yang diakui  di Indonesia.
2.      Pilar Undang-Undang Dasar 1945
Merupakan pilar kedua dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia, sehingga masyarakat perlu memahami makna yang terkandung didalamnya dan mengaplikasikannya.
3.      Pilar Negara Kesatuan Republik Indonesia
Para pendi bangsa Indonesia memilih negara kesatuan sebagai bentuk negara Indonesia melalui berbagai pertimbangan. Alasan utamanya adalah karena sejarah strategi pecah belah yang dolakukan Belanda bisa berhasil karena Indonesia belum bersatu pada masa penjajahan.
4.      Pilar Bhinneka Tunggal Ika
Merupakan semboyan Indonesia yaitu berbeda-beda tapi tetap satu, semboyan ini pertama kali diungkapkan oleh Mpu Tantular, seorang pujangga dari kerajaan Majapahit pada pemerintahan Raja Hayamwuruk sekitar tahun 1350-1389.

Nah, demikian apa yng ingin kusampaikan dari ebberapa hal yang au ketahui, semoga bermanfaat. ~-~
           

Click to comment