ads here

Heritage Tour JIBB di SMK N 2 Gedangsari

advertise here

Serangkaian acara peringatan Hari Batik Nasional telah dilaksanakan lima hari berturut-turut yakni sejak tanggal 2 Oktober- 6 Oktober 2018 tersebar rata di Daerah Istimewa Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Jogja Internasional Batik Biennale (JIBB). Berkesempatan untuk mendatangi Heritage Tour yakni pada sesi mengunjungi  SMK N 2 Gedangsari dan mengunjungi Desa Manding Siberkreasi.

Penyambutan peserta Heritage Tour JIBB tampak terlihat sangat menakjubkan dengan barisan  Tim tonti SMK N 2 Gedangsari yang berderet lengkap nan tegap didepan pintu masuk area pagelaran Fashion Show yang sudah disiapkan. Seragam tim dengan biru putihnya cukup memberikan kesan mendinginkan suasana panas terik matahari saat itu. Tamu turun dari mobil memasuki tengah area barisan tonti dengan diberikan sovenir scarf batik motif khas untuk acara Heritage Tour.
Gusti Kanjeng Ratu Hemas Bendoro  Raden Ayu memberikan sambutan dengan lugas akan keistimewaan acara Heritage Tour telah berjalan lancar sebagai wujud membudayakan batik di sekolah-sekolah. Setelah penyambutan selesai, tamu mengelilingi area SMK N 2 Gedangsari dengan didampingi oleh Tour Guide SMK. Saat sampai di area demo membatik, beberapa tamu telah mengarahkan tangannya untuk mencanting (Membatik tulis), ini membuktikan bahwa ketrampilan membatik sangat unik dan menarik sehingga membuat penikmat seni ingin memncoba membatik.

Ruang pewarnaan alam telah tersedia memadai dan rapi di sudut ruangan, para tamu melihat-lihat dan juga mendaptkan pejelasan tentan pewarnaan alam dalam mewarna batik. Display bahan pewarna seperti secang, tegeran, kayu dan bahan warna alam lainnya membuat para tamu lebih ingin tahu akan proses pembuatan batik yang runtut, sehingga komunikatif terjalin di ruangan penuh kebermanfaatan tersebut.
Fashion Show dilaksanakan setelah tour selesai dan para tamu kembali duduk didepan panggung menyaksikan dengan sangat semangat. Karya siswa-siswa tata busana SMK N 2 Gedangsari begitu sangat menakjubkan. Kualitas desain yang sudah dapat dikategorikan fashion yang memiliki nilai jual dan dapat bersaing di ranah pasar saat ini.


2 komentar

avatar

saya sangat tertarik ingin belajar batik, mohon informasi pelatihannya pak/bu...

avatar

saya yuliana,ingin belajar batik, mohon informasi pelatihannya njih...

Click to comment