ads here

Kolaborasi Musik dan Batik

advertise here


Indonesia merupakan negara yang  memiliki beragam seni dan budaya, salah satunya adalah seni kerajinan dan seni musik. Seni kerajinan  adalah sesuatu yang berkaitan dengan ketrampilan tangan dalam  proses pengerjaannya. Seni kerajinan ini dikenal sebagai seni terapan yang unik dan berkualitas tinggi karena penciptaannya melalui proses dan pemikiran yang matang. Sedangkan seni musik adalah seni yang berhubungan dengan adanya bunyi yang dihasilkan oleh adanya melodi, harmoni dan ritme untuk menghasilkan kepuasan tersendiri untuk pencipta maupun pendengarnya. Sekarang seni kerajinan dan musik tumbuh dan berkembang atas dorongan kebutuhan bersama dalam hal budaya maupun ekonomi. Seni tersebut memiliki beragam bentuk dan rupa, salah satunya adalah batik dan pertunjukan (musik hiburan atau jazz) .                                             
    Saat ini telah banyak inovasi dan pengembangan teknik pembuatan batik mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi tekstil. Pembuatan batik yang digunakan pada industri batik, toko-toko batik dan para pengrajin batik sangat beragam diantaranya adalah teknik tulis, cap, colet, printing/ sablon, ciprat lidi, ciprat sendok dan kuas.
       Dari berbagai teknik tersebut, memunculkan motif yang berbeda-beda; teknik tulis dalam pembuatannya menggunakan canting dan menghasilkan motif detail sesuai motif yang diinginkan, teknik cap dalam membatik menggunakan canting cap dari tembaga dan menghasilkan motif sesuai bentuk canting cap, teknik celup ikat dalam pembuatannya dengan cara mengikat kain dengan kelereng dan menghasilkan motif bulat bercak seperti bunga, teknik colet dalam pewarnaannya menggunakan kuas dan menghasilkan motif yang memiliki beragam warna, teknik printing dalam pembuatannya menggunakan mesin pabrik atau proses sablon manual yang menghasilkan motif sesuai dengan desain, teknik ciprat lidi dalam pembuatannya lidi sebagai canting untuk memunculkan motif dan menghasilkan motif garis tak merata yang dimunculkan dari cipratan lidi, teknik ciprat sendok dalam pembuatannya menggunakan sendok dalam memunculkan motif kemudian dicipratkan pada kain dan menghasilkan motif bulat abstrak sedangkan teknik kuas dalam membatiknya menggunakan kuas yang digoreskan pada kain dan menghasilkan motif batik abstrak yang unik.           
Dari berbagai teknik tersebut memunculkan ide bagi penulis untuk menciptakan teknik baru yakni teknik kibasan sabut kelapa. Teknik ini menghasilkan motif bercak-bercak tidak beraturan sesuai dengan karakter sabut kelapa yang dimunculkan dari pengibasan kuas sabut kelapa yakni kuas Mekar dan Gandeng. Kuas sabut kelapa Mekar dan Gandeng tidak dijual dipasar ataupun di toko-toko karena diciptakan khusus untuk membatik dan merupakan kuas baru sebagai pengganti fungsi canting dalam membatik.
            Demikian menimbulkan inisiatif kami selaku  Pemuda Kreatif 2017 untuk mengkolaborasikan antara batik dan musik setelah mendapatkan pengarahan dalam pembekalan duta pemuda kreatif yang diadakan oleh kemenpora saat ini. Bentuk dari inisiatif kami dikemas dalam perencanaan pertunjukan music hiburan dan batik bertajuk “Jazz Batik”.

Click to comment