ads here

Berkarya untuk Kawal Harta Negara

advertise here
Gedung-BPK 
(sumber: http://www.aktual.com/bpk-ri-ungkap-lhp-kelebihan-pembayaran-pembangunan-infrastruktur-di-aceh/ )

Masyarakat saat ini dapat dengan bebas berkarya sesuai dengan bidang yang ditekuninya. Setiap daerah memiliki karakter masyarakat yang berbeda-beda sehingga dalam berkarya pun, mereka memiliki ciri khas masing-masing. Tentunya dalam berdemokrasipun setiap orang memiliki cara tersendiri dalam perwujudannya. Demikian merupakan hal yang baik untuk negara karena masyarakatnya lebih bisa andil dalam mengawal harta negara mulai dari hal-hal kecil dari daerah masing-masing seperti contoh penggunaan dana desa.
Peran serta masyarakat dalam ikut andil “BPK Kawal Harta Negara” dapat dilakukan dengan berbagai cara, dapat dissuaikan dengan besar tingkat pemasalahannya dan dapat disampaikan kepada BPK (Badan Pemeriksaan Keuangan). Apa itu BPK ??? BPK merupakan lembaga negara yang bertugas memeriksa pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara/ daerah yang bersumber dari APBN/ APBD. Jika seseorang menemukan indikasi pengelolaan keuangan negara/ daerah tidak sesuai dengan perturan perundang-undangan, masyarakat dapat menyampaikan pengaduan dengan melengkapi bukti dan data terkait penyimpangan keuangan tersebut.
Pengaduan penyimpangan keuangan negara dapat disampaikan dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
 Menguraikan kejadiannya
Memilih pasal-pasal yang sesuai
 Menyertakan bukti awal, jika ada
Menyertakan identitas pengadu, bila tidak keberatan
Untuk lebih jelasnya, anda bisa mencermati disini !!! Dunia digital yang berkembang pesat saat ini mempermudah masyarakat berperan dalam menyebarluaskan informasi agar lebih cepat diterima oleh masyrakat lainnya. 
Dok. Pri.screenshoot instagram 

BPK menyediakan layanan pusat informasi juga klik disini !!! Layanan informasi ini berfungsi untuk kita warga negara Indonesia untuk bisa cek langsung informasi terkait BPK yang kita ingin ketahui dengan cara yang mudah. Kita bisa memantau bersama untuk andil dalam keuangan negeri ini.  Jadi,  mari bersinergi untuk negeri tercinta ini.  
Berkarya tidaklah hanya yang bisa dipandang mata saja, sebuah jasa besar ketika kita turut andil dalam mencegah adanya penyelewengan dana negara. Misalnya penggunaan dana desa di daerah tempat tinggalmu terjadi ketidak sinkronan dengan data yang ada,  kamu bisa mencermati dan apabila terjadi tindakan yang tidak pas,  kamu bisa melakukan pengadukan kepada BPK dengan cara yg sudah dijelaskan diatas,  dan klik linknya.  Semoga kita bisa sama-sama berkarya bersama BPK dengan mempererat peran serta dalam BPK kawal harta negara. 

Click to comment